Selasa, 01 Januari 2013

Tips Agar Googling Lebih Akurat


Mungkin Anda pernah jengkel karena hasil pencarian di Google tidak sesuai harapan Anda. Yang keluar adalah website-website yang kurang ada kaitan atau bahkan tidak ada kaitannya dengan kata kunci yang Anda ketikkan. Jika demikian, ada baiknya Anda mencoba tips-tips berikut ini untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dari pencarian di Google.

Gunakan paramater pencarian di Google

Untuk mendapatkan hasil pencarian di Google, pada umumnya orang hanya menggunakan kata kunci saja. Padahal selain kata kunci ada satu lagi hal penting yang dapat menambah keakuratan hasil pencariannya, yaitu parameter pencarian.

Apa itu parameter pencarian?

Parameter pencarian adalah batasan atau syarat yang Anda tetapkan untuk menyaring hasil pencarian di Google agar lebih akurat. Misalnya Anda ingin mendapatkan hasil pencarian di mana semuanya adalah file pdf, mp3, jpg, dsb. Dengan menambahkan parameter yang tepat, hasil pencarian di Google hanya akan menampilkan file-file tersebut. Bahkan selain tipe file Anda juga dapat memperoleh hasil pencarian di mana semua judul halamannya adalah kata kunci yang Anda masukkan.

Cara penggunaan parameter pencarian

Di sini saya akan memberikan contoh parameter pencarian yang paling sering digunakan, yaitu “intitle”, “inurl”, “site”, dan “filetype”. Berikut penjelasan tentang fungsi ketiga paramater tersebut.

Intitle: menyaring judul halaman

Dengan paramater “intitle”, hasil pencarian di Google hanya akan menampilkan halaman website dengan judul yang telah Anda tetapkan. Bukan kata kunci yang Anda tetapkan.
Contohnya, Anda memasukkan query (kata kunci dengan parameter tertentu) pada kotak pencarian sebagai berikut:
belajar komputer intitle:kompinia
Hasil dari query tersebut adalah semua halaman tentang belajar komputer yang memiliki kata kompinia pada judulnya.

Inurl: menyaring alamat website

Dengan paramater inurl, hasil pencarian di Google hanya akan menampilkan halaman website dengan alamat tertentu. Contohnya sebagai berikut:
belajar komputer inurl:kompinia
Hasil query tersebut adalah semua halaman tentang belajar komputer yang memiliki kata kompinia pada alamatnya. Misalnya: http://www.kompinia.com/belajar-komputer. Atau dapat juga seperti ini http://www.contoh.com/kompinia-belajar-komputer/.

Site: mendapatkan hasil dari website tertentu

Hampir mirip dengan parameter inurl. Namun kali ini bedanya adalah Google hanya akan menampilkan hasil dari website yang ada pada parameter tersebut. Misal:
belajar komputer site:kaskus.co.id
Hasil query tersebut adalah menampilkan semua halaman tentang belajar komputer dari website kaskus.co.id.

Filetype: mendapatkan jenis file tertentu

Jika Anda hanya ingin mendapatkan jenis file tertentu dari hasil pencarian di Google, Anda perlu memasukkan parameter ini. Berikut contohnya:
belajar komputer filetype:pdf
Dengan query tersebut Google akan menampilkan semua website yang menyediakan dokumen tentang belajar komputer yang berbentuk pdf.

Tanda petik: bukan parameter tapi penting

Satu lagi hal penting tentang pencarian di Google yaitu tanda petik. Untuk lebih jelasnya, langsung saja perhatikan contoh berikut:
Query 1:
belajar komputer untuk pemula
Hasil query 1:
Anda akan mendapatkan semua halaman web yang mengandung kata “belajar”, “komputer”, “untuk”, “pemula”. Kata-kata tersebut dapat terpisah atau tersambung.
Query 2:
“belajar komputer untuk pemula”
Hasil query 2:
Anda akan mendapatkan semua halaman web yang mengandung kata “belajar komputer untuk pemula”. Kata-kata tersebut semua tersambung.

Video contoh pencarian di Google – 00:01:41

Dapatkan hasil akurat dari pencarian di Google sekarang juga

Sekarang Anda telah mengetahui cara pencarian yang lebih akurat. Coba parameter-parameter di atas sekarang juga dan ceritakan bagaimana hasil pencarian Anda dengan parameter tersebut. Saya tunggu cerita Anda di kotak komentar. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar